NOVEL THE NEWCOMER, INVESTIGASI DETEKTIF YANG NYANTAI

Sejak kecil, saya menyukai cerita detektif. Saya ingat betul buku cerita detektif pertama yang saya baca adalah "Seri Detektif Cilik Hawkeye Collins dan Amy Adams". Rasanya seru banget berpetualang memecahkan teka-teki kasus bersama karakter yang tersaji di sana.

Nah, baru-baru ini saya berhasil menyelesaikan sebuah novel detektif berjudul "The Newcomer: Pembunuhan di Nihonbashi" karya penulis Jepang Keigo Higashino. Di postingan kali ini, saya bakal ngereviu novel tersebut. Oya,  belakangan saya baru tahu kalau Keigo Higashino adalah kreator dari karakter Manabu Yukawa alias Detektif Galileo yang justru saya kenal melalui drama serial Jepang di tahun 2007-an 😄. 

The Newcomer

Blurb

Detektif Kaga Kyoichiro baru dipindahkan ke Nihonbashi, Tokyo. Ia memang pendatang baru, tapi sangat berpengalaman menangani kasus kriminal. Ia bergabung dengan tim untuk menyelidiki pembunuhan seorang wanita. Semakin terlibat dalam kasus itu, semakin banyak tersangka baru bermunculan. Bahkan, hampir semua orang yang tinggal dan bekerja di distrik Nihonbashi memiliki motif sebagai pelaku. Agar si pelaku tertangkap, Kaga harus mengurai seluruh rahasia di sekitar hidup manusia yang rumit. Masa lalu korban, sejarah keluarganya, dan hari-hari terakhir hidupnya merupakan kunci yang akan membawa Kaga kepada si pelaku.


Tentang The Newcomer 

Seperti tersurat pada blurb-nya, novel ini bercerita tentang proses investigasi oleh Detektif Kaga Kyoichiro dalam menyelidiki kasus pembunuhan seorang wanita bernama Mineko Mitsui di sebuah apartemen. Penulis membagi cerita dalam sembilan BAB, di mana delapan BAB awal menyajikan interaksi antara Detektif Kaga dengan delapan orang yang memiliki keterkaitan dengan korban, dan BAB terakhir adalah jawaban dari teka-teki kasus. Artinya, pembaca digiring untuk menebak siapa pelaku sebenarnya di antara delapan orang tersebut. Seru ya? Hehehe.

The Newcomer: Pembunuhan di Nihonbashi
Penulis: Keigo Higashino
Penerjemah: Faira Ammadea
ISBN: 978-602-06-2190-6
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
304 halaman


Penilaian The Newcomer

Membaca novel ini memberikan pengalaman yang berbeda. Unik. Ini adalah novel detektif paling "nyantai" dibanding novel-novel detektif lain yang pernah saya baca. Bisa jadi karena karakter Detektif Kaga yang memang nyantai abis😆atau proses investigasi yang disajikan secara kalem. Dalam artian, novel ini tidak menjual suspense alias ketegangan seperti novel-novel thriller detektif. Saya dibawa untuk masuk ke kehidupan masing-masing suspect dengan penuh kekeluargaan😃. Ajaibnya, saya sedikit pun tidak merasa bosan, justru semakin bersemangat untuk mengikuti investigasi Detektif Kaga. 

Dari sisi ending menurut saya pas, tidak maksa dan tidak mengada-ada. Semua disajikan secara logis, tanpa trik-trik ribet ala Detektif Conan hahaha. Di cerita detektif lain, kadang saya menemukan kejanggalan terkait motif pelaku hingga kadang saya bergumam, "Masa gara-gara gini doang ngebunuh orang, sih?". Menurut saya, motif pelaku itu krusial dalam sebuah cerita investigasi, dan di novel ini motif pelaku cukup kuat untuk melakukannya. Kalau dilihat secara umum, kekuatan novel ini memang ada di karakterisasi. Dari karakter detektif Kaga hingga para tersangka, semua begitu tebal dan kuat hingga saya terhanyut kala menyelaminya.

Terakhir, kredit tentu saja patut diberikan selain untuk sang penulis, Keigo Higashino, juga untuk sang penerjemah, Faira Ammadea, karena hasil terjemahannya mudah dipahami dan nggak kaku. Saya jadi tertarik untuk membaca karya-karya Keigo Higashino yang lain.😁

Rating untuk novel ini: 4/5

Bagaimana dengan kamu, apa kamu pernah membaca The Newcomer juga? Atau punya rekomendasi novel detektif seru yang lain? Feel free to share di komen yaaaa..

Post a Comment

2 Comments

  1. Halo kak Dimas atau kak Abi ya biasa dipanggilnya? Pertama kali berkunjung kesini gara-gara liat postingan ini, salam kenal kak sebelumnya :D

    Saya penggemar buku-bukunya Keigo..dan saya setuju sama penilaian kk terkait buku ini. Detektif Kaga yang terkesan nyantai tapi dia keras kepala juga, dan orangnya hangat kepada semua orang yang terlibat kasus, jujur saya sangat menikmati kisah didalam buku ini😁

    Oiya kalau mau coba baca buku beliau yang lain saya bisa kasih rekomendasi yang judulny Devotion of Suspect X dan Malice, terbitan baru juga udah ada kak di gramedia digital berjudul Salvation of A saint :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung, Kak Reka. Karakter Kaga memang unik sih, baru pertama kali sy nemu karakter detektif yang bener2 berasa kaya keluarga sendiri hahaha.

      Siaap, tiga judul itu udah masuk wishlist. Baru2 ini sy habis namatin Toko Kelontong Namiya, karya Keigo juga tapi bukan detektif. Mantap seru juga loh, kapan2 saya reviu.

      Salam kenal ya... ^^

      Delete