KEAJAIBAN TOKO KELONTONG NAMIYA, KEAJAIBAN KEIGO HIGASHINO

Setelah saya menamatkan The Newcomer, saya jadi ketagihan sama karya-karya Keigo Higashino. Segera setelah itu, saya ngubek-ubek Goodreads untuk nyari karya beliau yang lain, yang reviunya rame.  Saya hampir memutuskan untuk membeli seri lain Detektif Kaga berjudul Malice hingga seorang teman Vietnam saya mengirim komentar di postingan facebook:

Naoko's Secret and The Miracle of Namiya General Store are my most most favourite

Walhasil, saya belok beli Keajaiban Toko Kelontong Namiya 😆.


Blurb

Ketika tiga pemuda berandal bersembunyi di toko kelontong tak berpenghuni setelah melakukan pencurian, sepucuk surat misterius mendadak diselipkan ke dalam toko melalui lubang surat. Surat yang berisi permintaan saran. Sungguh aneh. Namun, surat aneh itu ternyata membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu, menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan. Hanya untuk satu malam. Dan saat fajar menjelang, hidup ketiga sahabat itu tidak akan pernah sama lagi...


Tentang Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Buku ini berkisah tentang seorang Kakek bernama Namiya, pemilik toko kelontong yang baik hati. Ia menikmati masa tua dengan membuka biro konsultasi di tokonya. Aturan mainnya begini: silakan tulis di kertas permasalahanmu, besok Kakek Namiya akan membalasnya. Awalnya, banyak anak yang bermain-main dengan itu. Mereka menanyakan hal-hal konyol, cenderung iseng. Namun, Kakek Namiya selalu menjawab sekonyol apa pun pertanyaannya dengan bahagia. Contoh pertanyaannya nih,

Bagaimana caranya memperoleh nilai seratus tanpa belajar, menyontek, atau berbuat curang?

Kakek Namiya menjawab keesokan harinya, 

Minta pada gurumu untuk membuatkan soal tes tentang dirimu sendiri. Dijamin semua jawabanmu akan benar. 

Nah, seiring waktu, mulai bermunculan curhatan-curhatan pelik dan serius tentang hidup seseorang. Mereka meminta saran dan Kakek Namiya dengan serius menjawabnya. Dari sinilah cerita berkembang, bagaimana saran-saran Kakek Namiya mempengaruhi hidup orang-orang. 

Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Penulis: Keigo Higashino

Alih bahasa: Faira Ammadea

ISBN: 9786020648293

Penerbit Gramedia Pustaka Utama

400 halaman 


Reviu Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Ternyata Keigo Higashino tidak cuma piawai menulis cerita detektif.  Sepertinya ia mampu menulis apa pun😁. Saya sulit berhenti untuk membaca Keajaiban Toko Kelontong Namiya, membuat novel ini selesai saya baca dalam dua hari. Ide ceritanya unik, mungkin juga sederhana. Tentang bagaimana "biro konsultasi" buatan Kakek Namiya dapat mempengaruhi hidup orang, atau setidaknya mengubah cara pandang seseorang. Ide semacam ini sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh menjadi sebuah cerita yang menarik dan Keigo Higashino berhasil melakukannya.

Dari sisi karakter, sangat kuat. Membaca novel ini, saya merasa seolah-olah berhadapan dengan karakter yang ada di dalamnya. Khususnya Kakek Namiya. Ketika Kakek Namiya berbicara, saya benar-benar bisa merasakan bahwa ia adalah sosok yang baik, bijak, dan murah senyum. Tipe-tipe Kakek idaman. Tapi, dia juga ngeyel dan keras hati haha! Rasanya, saya sedang diceramahi beliau face to face.  

Karena mengusung konsep lintas waktu, novel ini menggunakan alur maju-mundur. Kadang konsep lintas waktu berisiko untuk membuat pembaca tersesat di tengah-tengah. Novel ini tidak. Menurut saya, alur cerita novel ini sangat amat mudah dipahami. Diksinya bukan tipe diksi nyastra (istilah saya aja ini hehe), tetapi diksi-diksi biasa yang dirangkai dengan tepat. Mbak Faira Ammadea selaku penerjemah emang jago. Selain itu, saya suka bagaimana surat-surat Kakek Namiya menggerakkan cerita. Bisa dikatakan, surat-surat Kakek Namiya adalah nyawa cerita ini. Ada rasa penasaran setiap ada curhatan muncul; Bagaimana Kakek Namiya menjawabnya? Bagaimana surat itu bakal mengubah hidupnya? SERU!

Endingnya? Saya suka bagaimana Keigo Higashino menarik benang merah seluruh unsur yang ada di dalam cerita. Saya juga suka pesan yang disajikan novel ini. Pokoknya, saya suka saya suka! (gaya Meimei)

Jujur saja, sangat sulit menemukan cela di novel ini. Saya sangat menikmatinya. Salah satu novel terbaik yang pernah saya baca. Rating: 5/5 

Bagaimana dengan kamu? Pernah baca novel ini? Share di komen yaaa.

 

Post a Comment

8 Comments

  1. Lihat judulnya saya pikir tips toko kelontong ala jepang, nggak taunya cerpen. Penasaran kisah lengkapnya. Salam kenal ya.. sesama pengguna domain my.id.. yuk ah saling BW.. biar cepat diterima Adsensenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan cerpen sih, tapi novel hehe. Salam kenal juga ya

      Delete
  2. Saya belom baca ini kak, tapi sempat nonton filmnya. Kalo dari filmnya sendiri sih emang seru dan sarat pembelajaran hidup. Bahkan udah dibikin sedih di bagian awal cerita. Kayaknya nanti saya akan tengok juga versi novelnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku baru tahu kalau ada filmnya hehhe.. versi novelnya bagus banget. Semoga filmnya bagus juga ya hehe

      Delete
  3. Pengen beli buku nih keren ceritanya, saya jg ngumpulin buku2 penulis dr Jepang. Nice review

    ReplyDelete
  4. Hallo Kak Dimas. Salam kenal ya :).
    Saya udah baca buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya, dan saya setuju dengan pendapat kalau baca buku ini susah buat berhenti. Semua tokoh di dalam ceritanya berperan mempengaruhi hidup orang lain. Keren banget emang, konsepnya fantasy tapi terasa nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Kak Renov :)
      Betul sekali, konsepnya fantasy tapi terasa nyata. Keigo Higashino pinter banget narik benang merahnya.

      Delete