Perjalanan Menulis di 2021

Hai semua!

Kayanya udah lama saya enggak nge-blog. Postingan terakhir bulan November. Mulai nggak bener ini 😆😆

Baca juga: Aplikasi e-Book Andalanku

Di tahun 2021 ini banyak yang udah kita lewatin. Pandemi yang sempat tinggi-tingginya, sampai harapan yang mulai muncul sekarang. Semoga kita semua sehat-sehat ya!



Kalau bicara 2021, sebagai orang yang mulai nulis lagi setelah hiatus lama, ternyata nggak mudah. Saya harus catch up ketertinggalan. Dunia kepenulisan udah beda banget, khususnya fiksi. Belum lagi karena kelamaan kosong, jari-jari saya kaku dan otak jadi beku hahaha.

Akhirnya, saya mulai maksain diri untuk nulis dan melakukan beberapa hal sbb: 

1. Mulai ikut-ikut kelas nulis yang ternyata di era pandemi begini banyak banget

2. Mulai ngerapihin IG. Postingan-postingan nggak relevan saya masukin archive

3. Berusaha konsisten nge-blog dengan join komunitas 1minggu1cerita

4. Ikut lomba cerpen untuk ngelemesin tangan (alhamdulillah ada cerpen yang berhasil menang walau bukan juara satu hehe).  

5. Join komunitas menulis Rakata. Ini asik banget.

6. Jadi editor di minterin.id

Oya, tahun ini saya juga berhasil menyelesaikan 2 draf novel. Draf pertama saya coba masukin ke penerbit dan hasilnya penolakan, hahaha 😂😂😂. Masih ada 1 lagi nih yang ada di dapur penerbit, moga-moga aja tembus.  Penolakan-penolakan nggak bikin saya down karena saya sadar, secara kualitas naskah itu memang belum nyampe

So, what next?

Selain tetap melakukan enam kegiatan di atas, saya bakal ngerombak dan memperbaiki naskah-naskah yang ditolak. Secara ide, saya suka sih karena simpel. Namun secara eksekusi masih banyak yang harus diperbaiki. Semoga lancara ya!

Bagaimana dengan kamu? Apa rencana-rencana kamu ke depan? Tetap semangat ya!


Post a Comment

0 Comments